Translate

Selasa, 23 Juli 2013

Mantan PM Belanda Sebut 22 Bom Nuklir AS Disimpan Di Belanda

bb
MANTAN perdana menteri Belanda, Ruud Lubbers mencatat bahwa 22 bom nuklir AS telah disimpan di sebuah pangkalan udara di wilayah Belanda, media Belanda melaporkan.
Surat kabar Belanda, De Telegraaf, Senin kemarin (10/6/2013), melaporkan bahwa Lubbers menegaskan bahwa ada bom nuklir Amerika yang disimpan di dalam di Pangkalan Udara Volkel di wilayah Brabant.
Lubbers, PM Belanda era 1982-94, menyampaikan informasi tersebut dalam sebuah film dokumenter salauran National Geographic.
Dia menjadi pejabat senior Belanda pertama yang mengakui masalah itu. Rumor tentang adanya bom nuklir di wilayah Belanda telah lama dikabarkan namun belum ada pejabat ataupun mantan pejabat yang mau mengakui hal tersebut.
“Saya tidak akan pernah berpikir hal-hal konyol jika benda itu masih akan tetap berada di sana pada tahun 2013,” kata Lubbers. Dia kemudian menambahkan, “Saya pikir bom-bom itu merupakan bagian sia-sia dari tradisi dalam pemikiran militer,” tegasnya.
Surat kabar Belanda mengatakan bom senjata nuklir jenis B61, yang dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1960, kekuatannya sekitar empat kali lebih kuat daripada bom yang digunakan di kota Jepang Hiroshima dan Nagasaki selama Perang Dunia II.(fq/islampos/prtv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar